Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 21:19 WIB

KPK: Jangan Ada Organisasi Baru

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 13 Maret 2019 | 23:58 WIB
KPK: Jangan Ada Organisasi Baru
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan dalam upaya reformasi birokrasi diharapkan tidak ada penambahan organisasi baru. Menurut dia, bila perlu dilakukan evaluasi atas kinerja organisasi yang ada.

"Kalau kita memang perlu mengefektifkan kerja kita, mungkin organisasi yang ada dievaluasi kemudian digabungkan. Itu akan menjadi salah satu cara yang lebih baik," kata Agus di Istana Negara, Rabu (13/3/2019).

Menurut dia, yang ada sekarang kebanyakan dan terjadi tumpang tindih. Harusnya, Indonesia bisa mencontoh Amerika Serikat yang menterinya hanya ada 17 orang. Sedangkan, di Indonesia sampai 34 kementerian.

"34 itu masih ditambah banyak lembaga jadi mendekati 85. Itu kan harus dilihat, apa misalkan yang ngurusi pegawai negeri, hari ini kan banyak banget," ujarnya.

Agus mencontohkan di Amerika perlu dibentuk human security, bukan menciptakan organisasi baru tapi yang ada kemudian digabungkan.

"Human security itu gabungan dari imigrasi, custom and border protection digabungkan menjadi satu human security," jelas dia.

Menurut dia, kalau punya organisasi ramping, personel sedikit, performance lembaga maupun orang bisa diujur dengan baik maka tujuan perbaikan performance, perbaikan layanan, mudah-mudahan bisa memberikan remunerasi yang cukup.

"Jadi dibanding hari ini saya lihat walau sudah berkali-kali dinaikkan mungkin belum cukup itu," tandasnya.

Komentar

x