Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 21:30 WIB

Eksepsi Ratna Lampaui Batas, Hakim Diminta Tolak

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 12 Maret 2019 | 12:09 WIB
Eksepsi Ratna Lampaui Batas, Hakim Diminta Tolak
(Foto: Inilahcom/Eusebio CM)

INILAHCOM, Jakarta - Jaksa meminta hakim untuk menolak eksepsi atau nota keberatan dari tim pengacara Ratna Sarumpaet.

"Menyatakan nota keberatan/eksepsi penasihat hukum terdakwa sudah melampaui batas ruang lingkup eksepsi sebagaimana ditentukan dalam Pasal 157 ayat 1 KUHAP atau dengan kata lain sudah di luar pokok materi eksepsi dan telah masuk dalam pokok materi perkara," ucap Jaksa saat membacakan tanggapan eksepsi tim pengacara Ratna Sarumpaet di PN Jaksel, Selasa (12/3/2019).

Jaksa menegaskan seluruh dakwaan yang dialamatkan kepada Ratna Sarumpaet telah sesuai dengan Pasal 143 ayat 2 KUHAP. Oleh karena itu, Jaksa meminta Hakim menolak seluruh eksepsi.

"Menolak nota keberatan eksepsi penasihat hukum terdakwa untuk seluruhnya; menyatakan surat dakwaan penuntut umum adalah sah dan memenuhi syarat sebagaimana ditentukan dalam Pasal 143 ayat 2 KUHAP," jelasnya.

Ratna Sarumpaet didakwa membuat keonaran dengan menyebarkan kabar hoax penganiayaan. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang diklaim akibat penganiayaan.

Ratna Sarumpaet didakwa dengan Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE. [rok]

Komentar

x