Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 11:39 WIB

Perindo Optimis Raih 3 Besar Pemilu 2019

Selasa, 12 Maret 2019 | 08:09 WIB
Perindo Optimis Raih 3 Besar Pemilu 2019
Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yakin akan menempati posisi 3 besar pada Pemilu 2019.

Hal itu disampaikan Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq yang merespons hasil survei terbaru lembaga Voxpol Center Research and Consulting yang menunjukkan elektabilitas Partai Perindo mencapai 3,5%.

"Perindo yakin akan meraih posisi 3 besar pada Pemilu 2019. Syukur Alhamdulillah, Perindo dalam survei tersebut telah mencapai 3,5%. Artinya, untuk memenuhi parliamentary threshold 4%, itu bukan sesuatu yang sulit. Masih ada waktu untuk memaksimalkan semua mesin politik yang ada," tutur Ahmad Rofiq, Senin (11/3/2019).

Target untuk mencapai perolehan suara pada posisi 3 besar dalam Pesta Demokrasi 2019 tersebut ditetapkan oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan didukung oleh kekuatan program, caleg dan struktur yang mengakar hingga ke tingkat ranting.

"Sebagaimana target partai, Perindo harus double digit di Pemilu nanti. Segala upaya pemenangan akan kami lakukan semaksimal mungkin. Saya percaya dengan kekuatan struktur, caleg dan program yang telah dimiliki oleh Perindo, kami akan mampu mencapai target," katanya.

Untuk itu, Partai Perindo akan berupaya untuk memaksimalkan mesin partai dengan berfokus pada daerah pemilihan yang potensial guna mendongkrak perolehan suara partai.

"Kami akan berkonsentrasi secara khusus kepada dapil-dapil potensial, memaksimalkan program kerja pemenangan dan menggerakkan struktur bersama relawan untuk semakin intensif ke masyarakat," katanya.

Direktur Eksekutif Voxpol Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Perindo adalah partai baru yang paling berpotensi lolos ke Senayan.

"Peluang Perindo bisa melewati angka ambang batas parlemen masih terbuka lebar, karena soal kesetiaan perilaku pemilih 'cair' dan rendahnya 'Partai ID' di Indonesia membuat angka swing voters masih cukup tinggi," ungkapnya.

Dia menambahkan efektivitas mesin Partai Perindo terus tumbuh secara merata.

Voxpol Center mengadakan survei pada 24 Februari 2019- 6 Maret 2019. Survei dilakukan melalui pemilihan responden secara acak atau multistage random sampling. Tingkat kesalahan alias margin of error +/-2,98% dengan melibatkan 1.220 responden di seluruh provinsi di Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dengan selang kepercayaan survei ini adalah 95%.

Adapun, dalam survei elektabilitas partai tersebut, yang belum "memutuskan" pilihan partai (undecided voters) masih di angka 7,3%.

Setiap responden terpilih diwawancarai dengan metode wawancara tatap muka (face to face) oleh pewawancara yang terlatih secara khusus. Quality control dilakukan dengan mendatangi kembali (rekonfirmasi) 20% sampel responden yang ada kemudian terpilih secara acak (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan secara berarti.

Survei Voxpol Center juga menemukan ada lima alasan yang paling dominan yang menjadi dasar pertimbangan pemilih memilih partai politik.

Pertama, partai yang kebijakannya memihak pada rakyat kecil 20,5%.

Kedua, memilih karena figur dan suka pada tokoh partai tersebut sebesar 15,8%.

Ketiga, partai yang membela agama dan memihak pada kemajemukan sebesar 13,5%.

Keempat, partai yang punya jalan keluar atas masalah warga sebesar 12,9%

Kelima, ikut pilihan orang lain sebesar 6,3%. [rok]

Komentar

Embed Widget
x