Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 01:26 WIB

eKTP WNA Masuk DPT Ditemukan di Bekasi

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 6 Maret 2019 | 14:56 WIB
eKTP WNA Masuk DPT Ditemukan di Bekasi
Komisioner KPU Kota Bekasi Pedro Purnama Kalangi

INILAHCOM, Jakarta - Usai ditemukannya e-KTP milik warga negara asing (WNA) yang identitas kependudukannya masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 di Ciamis dan Cianjur, kini KPU Kota Bekasi mendapatkan temuan serupa.

Komisioner KPU Kota Bekasi Pedro Purnama Kalangi mengungkapkan pihaknya telah menemukan adanya dua WNA yang identitas kependudukannya masuk DPT di wilayahnya.

Kedua WNA berjenis kelamin wanita yang masuk DPT Kota Bekasi diketahui bernama Jamima Maquiling yang merupakan warga negara Philipina dan Jewel Lee La Russa asal Amerika Serikat.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran data WNA pemilik e-KTP yang terdata di Disdukcapil setempat, terdapat 109 WNA yang memiliki identitas kependudukan Indonesia dan terdata dalam database nomor induk kependudukan.

"Sekal 27 Februari lalu, kami telah melakukan inisiatif melakukan pengecekan. Dari 109 WNA itu, kita cek di aplikasi Sistem Data Pemilih, kami menemukan dua WNA yang masuk dalam DPT," ujar Pedro melalui keterangan persnya, Rabu (6/3/2019).

Usai mengkroscek nomor induk kependudukan (NIK) dua e-KTP WNA yang berdomisili di Bekasi Utara dan masuk ke dalam DPT, lanjutnya, KPU Kota Bekasi langsung berkoordinasi ke Bawaslu setempat.

"Kita langsung kordinasi ke Bawaslu untuk lakukan pencoretan karena sesuai dengan undang-undang 7 tahun 2017 tentang pemilu hanya warga negara Indonesia yang memenuhi syarat pemilih," pungkasnya. [rok]

Komentar

x