Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Maret 2019 | 03:06 WIB

KPU Ciamis Sebut WNA Masuk DPT Kesalahan Petugas

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 5 Maret 2019 | 15:02 WIB

Berita Terkait

KPU Ciamis Sebut WNA Masuk DPT Kesalahan Petugas
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Ciamis - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis angkat bicara soal temuan tiga e-KTP warga negara asing (WNA) yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Ketua KPU Ciamis Agus Fatah Hidayat mengungkapkan hal ini disebabkan kesalahan petugas saat menyerahkan data pemilih kepada Disdukcapil setempat.

"Petugas terkecoh dengan data pemilih yang berasal dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4 ) dan diserahkan Disdukcapil Ciamis," ujar Agus melalui keterangan persnya, Selasa (5/3/2019).

Ia memastikan, tidak ada kolom kewarganegaraan dalam DP4, WNA atau WNI. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih bisa saja terkecoh dalam hal ini.

Lebih jauh, Agus mengaku baru tahu ada e-KTP WNA yang terdata sebagai pemilh dalam pemilu mendatang. Adapun saat ini, ketiga WNA tersebut sudah dicoret dari DPT.

"Pencoretan sudah dilakukan sebelum Bawaslu Ciamis mengirim surat rekomendasi pencoretan WNA yang masuk DPT. Jadi, sudah dicoret. Bagi WNA yang masuk DPT wajib dicoret," pungkasnya.

Diberitakan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis mengungkapkan adanya tiga warga negara asing (WNA) yang memiliki e-KTP dan tercatat di daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Adapun ketiga WNA yang tecatat ke dalam DPT itu diketahui berkewarganegaraan Inggris, Tiongkok dan Lebanon.

Ketiga WNA ini dikabarkan menikah dengan warga negara Indonesia yang tinggal di Ciamis, sehingga berhak memiliki e-KTP lantaran sudah tinggal lama di tanah air. [rok]

Komentar

x