Find and Follow Us

Jumat, 24 Mei 2019 | 07:25 WIB

Target KPU Verifikasi e-KTP WNA Masuk DPT Selesai

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 5 Maret 2019 | 14:46 WIB
Target KPU Verifikasi e-KTP WNA Masuk DPT Selesai

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan proses verifikasi data daftar pemilih untuk menelusuri e-KTP warga negara asing (WNA) yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) tak berlangsung lama.

Adapun proses verifikasi itu antara lain meliputi pengecekan data ke daftar pemilih dan penelusuran lapangan menemui WNA yang identitas kependudukannya dikabarkan masuk DPT.

"Kegiatan verifikasi ditargetkan selesai hari ini. Hasilnya akan disampaikan ke Dukcapil, Bawaslu, peserta pemilu dan masyarakat," ujar Viryan di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019).

Ia menjelaskan, ada dua kemungkinan yang akan dilakukan KPU jika menemukan data WNA yang memiliki identitas kependudukan Indonesia yang tak memiliki hak pilih di pemilu mendatang masuk ke dalam DPT.

"Pertama, WNA itu sudah tidak ada di DPT. Kedua, apabila WNA pemilik e-KTP itu masuk ke dalam DPT maka akan langsung dicoret," tandasnya.

Diberitakan, 103 warga negara asing (WNA) yang diketahui masuk ke dalam DPT pemilu 2019 berdasarkan informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri itu.

Diketahui, belakangan ini beredar informasi soal banyaknya WNA yang memiliki e-KTP dan masuk ke dalam DPT. Kabar ini bermula dari penemuan e-KTP milik WNA Tiongkok asal Cianjur yang NIK-nya masuk DPT.

Selanjutnya, muncul kabar ada tiga WNA yang memiliki e-KTP di Ciamis. Ketiganya diketahui masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2019. [adc]

Komentar

x