Find and Follow Us

Sabtu, 20 Juli 2019 | 19:42 WIB

Lagi, WNA Punya e-KTP Masuk DPT di Ciamis

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 4 Maret 2019 | 15:32 WIB
Lagi, WNA Punya e-KTP Masuk DPT di Ciamis
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Usai ramai beredarnya kabar penemuan e-KTP milik warga negara asing (WNA) di Cianjur, Jawa Barat, yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) pada pekan lalu, Bawaslu Kabupaten Ciamis menemukan WNA yang masuk DPT.

Komisioner Bawaslu Syamsul Maarif mengatakan, ada delapan WNA yang memiliki identitas kependudukan Indonesia dan sebagiannya masuk DPT.

"Tiga (WNA) di antaranya ditemukan masuk DPT. Mereka ini memiliki e-KTP. Langsung kami lakukan pengecekan kemarin, ternyata tiga WNA itu tercatat masuk DPT," ujar Syamsul melalui keterangan persnya, Senin (4/3/2019).

Ia memastikan informasi ini diterimanya setelah menyuratin Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat usai menerima informasi awalnya.

Lebih lanjut, KPU Cimasi akan membawa masalah ini ke dalam rapat bersama Bawaslu, KPU Pusat dan Kemendagri agar direspons secara serius.

"Bawaslu Ciamis memberikan rekomendasi ke KPU Ciamis agar mencoret tiga WNA tersebut. WNA tidak boleh mencoblos, meski memiliki e-KTP tapi kewarganegaraannya bukan warga negara Indonesia," pungkasnya. [rok]

Komentar

x