Find and Follow Us

Minggu, 22 September 2019 | 13:49 WIB

Disapu Ombak, Kapal Nelayan di Gresik Terbalik

Minggu, 3 Maret 2019 | 18:31 WIB
Disapu Ombak, Kapal Nelayan di Gresik Terbalik
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Gresik - Lima nelayan asal Kelurahan Kroman, Gresik berhasil diselamatkan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik setelah kapal yang ditumpangi, KM Seger, terbalik usai disapu ombak setinggi 1,5 meter di perairan Karangjamuang.

Kepala KSOP Gresik, Totok Mukarto menuturkan, titik koordinat tenggelamnya kapal berada di 200 meter arah timur BOUY 5 atau masuk perairan karangjamuang Gresik. Kelima ABK itu berhasil diselamatkan oleh KNP 50015 setelah sebelumnya pihaknya mendapatkan laporan dari KM Mentari Ekspress yang sandar tidak jauh dari lokasi kejadian.

"Kami mendapat laporan ada kapal nelayan tenggelam. Mereka berangkat dari Balai Keling Kroman dengan tujuan dermaga Karangjamuang untuk menjajakan rokok ke kapal-kapal yang sandar. Sambil menunggu pembeli para ABK memancing ikan. Naas saat itu, tiba-tiba datang ombak tinggi dan menyapu kapal mereka hingga terbalik," katanya, Minggu (3/03/2019).

Sementara, salah satu nelayan yang berhasil diselamatkan Agus Effendi (48) warga Kelurahan Kroman, Gresik menceritakan terbaliknya kapal yang mereka tumpangi akibat tersapu ombak setinggi 1,5 meter. Hal tersebut membuat lambung kapal sebelah kiri robek hingga akhirnya tenggelam.

"Saat menyelamatkan diri kami dan teman-teman berpegangan pada kayu dan galon air," ujarnya.

Masih menurut Agus Effendi, selama 3 jam dirinya bersama keempat rekannya terombang-ambing di laut. Namun, berhasil ditolong oleh kapal patroli KPLP Gresik.

"Kami berhasil dievakuasi dan dibawa ke kantor KPLP, dan KSOP Gresik untuk didata sekaligus dicek kesehatan sebelum pulang ke rumah," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x