Find and Follow Us

Kamis, 18 Juli 2019 | 21:11 WIB

KPK Bakal Tarik Aset Johanes Marliem di AS

Oleh : Ivan Setyadhi | Selasa, 26 Februari 2019 | 16:22 WIB
KPK Bakal Tarik Aset Johanes Marliem di AS
Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal berusaha menarik aset milik saksi kasus korupsi e-KTP, Johanes Marliem yang berada di Amerika Serikat (AS).

Diketahui, Johanes merupakan saksi kunci dalam kasus e-KTP sebelum akhirnya ditemukan tewas di kediamannya pada tahun 2017 lalu.

"Asetnya yang berhubungan dengan e-KTP sudah diidentifikasi tetapi pengalihannya dari Amerika ke Indonesia masih dalam proses pengalihan dan salah satu itu yang kami diskusikan dan yang saya kerjakan sekarang," ujar Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif di KPK, Selasa (26/2/2019).

Hal itulah yang kini coba dibahas dengan perwakilan Amerika Serikat lewat duta besarnya yang berkunjung ke KPK.

Sebelumnya, Direktur PT Biomorf Lone Indonesia Johannes Marliem, merupakan salah satu pihak yang memberikan gratifikasi kepada mantan Ketua DPR RI Setya Novanto berupa jam tangan Richard Mille yang harganya ditaksir bernilai miliaran rupiah.

Biomorf Lone sendiri merupakan perusahaan penyedia layanan teknologi biometrik merek L-1 yang akan digunakan dalam pelaksanaan proyek e-KTP. Diduga perusahaan yang dibawa Johanes untuk ikut proyek e-KTP turut menerima untung dari hasil praktik korupsi yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun tersebut. [ton]

Komentar

Embed Widget
x