Find and Follow Us

Selasa, 18 Juni 2019 | 00:45 WIB

Usut e-KTP WN Tiongkok, KPU Libatkan Polri

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 26 Februari 2019 | 16:14 WIB
Usut e-KTP WN Tiongkok, KPU Libatkan Polri
Komisioner KPU, Viryan Aziz - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menelusuri soal kepemilikan KTP elektronik (e-KTP) oleh warga negara Tiongkok atas nama Guohui Chen di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (26/2/2019).

Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil dan Bawaslu, menyusul masuknya nomor induk kependudukan (NIK) e-KTP WN Tiongkok itu di dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2019. Setelah dicek, memang ada kesamaan NIK namun berbeda data antara keduanya.

"KPU sudah berkoordinasi dengan Dukcapil. Rekan Bawaslu melakukan pengecekan dan bertemu dengan pemilih tersebut. Terjadi kesamaan NIK, tapi data berbeda" kata Viryan di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Ia pun memastikan akan melibatkan pihak kepolisian untuk mengusut lebih lanjut masalah ini. Dilibatkan polisi, lanjutnya, diperlukan juga untuk memastikan bahwa foto e-KTP WN Tiongkok yang beredar di medsos dan membuat geger warganet merupakan hoaks atau bukan.

"Kami serahkan kepada pihak yang lebih ahli. Kami akan laporkan kepada Cyber Crime Mabes Polri agar ditelaah lebih dalam. Jadi untuk memastikan apakah foto tersebut hasil editan atau bukan," tandasnya. [ton]

Komentar

x