Find and Follow Us

Rabu, 19 Juni 2019 | 20:50 WIB

Respon Mendagri Soal Bupati Kuningan Kutuk Kades

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Senin, 18 Februari 2019 | 14:05 WIB
Respon Mendagri Soal Bupati Kuningan Kutuk Kades
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menanggapi viral pidato Bupati Kuningan Acep Purnama yang mengutuk kepala desa jika tak pilih Capres petahana, Joko Widodo. Tjahjo menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral.

"Prinsipnya ASN dari Mendagri, Gubernur, Bupati, Walikota, Kades harus netral," jelas Tjahjo di Jakarta, Senin (18/2/2019).

Tjahjo mengatakan jika ingin kampanye, maka ASN harus mengajukan ijin terlebih dahulu. Tjahjo meminta kepala daerah untuk mentaati aturan penyelenggaraan Pemilu.

"Soal pilihan dan sikap punya disalurkan di TPS.
Netralitas harus dijaga baik, kalau mau kampanye boleh ajukan ijin kepada atasan dan lapor ke Panwas karena Bupati, Walikota dipilih parpol. Sebagai orang partai boleh dong kampanye tapi ikuti aturan," ucap Tjahjo.

Tjahjo mengatakan Panwas (Panitia Pengawas) Pemilu lah yang berhak untuk memanggil yang bersangkutan. Kemendagri baru bisa bergerak jika sudah ada keputusan dari Panwas.

"Yang bisa panggil panwas, kami bisa bergerak setelah ada keputusan dari panwas, salah atau tidak," katanya.

Dalam video yang beredar di media sosial Twitter itu, Bupati Kuningan Acep Purnama terlihat tengah berdiri sambil berpidato di sebuah mimbar. Namun, tak jelas lokasi dan waktunya.

Acep kemudian menyinggung peran Jokowi yang 'nyawer' desa seluruh Indonesia dengan Dana Desa sambil mencampur adukkan antara bahasa Indonesia dan bahasa Sunda. Video itu diunggah oleh akun @laskar_minang hari ini, Minggu (17/2) pukul 09.21 WIB.

"Jokowi nyawer ke desa-desa, sehingga desa bisa dibangun, kepala desa bisa diangkat harkat, martabat, dan derajatnya karena berhasil memimpin di desanya. Makanya sampaikan kepada kepala desa dan perangkat desanya, kalau ada yang tidak mendukung Jokowi berarti laknat," kata Acep dalam video itu.

Komentar

x