Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 11:47 WIB

Puting Beliung

Ibu dan 2 Anaknya Tertimpa Reruntuhan Rumah

Senin, 18 Februari 2019 | 09:38 WIB
Ibu dan 2 Anaknya Tertimpa Reruntuhan Rumah
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Kediri - Seorang ibu bersama dua anaknya di Kabupaten Kediri, Jawa Timur tertimpa reruntuhan bangunan rumahnya yang ambruk akibat puting beliung. Musibah ini dialami oleh keluarga Mohammad Koyum di Dusun Sumber Gambi Kidul, Desa Sonorejo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri.

Erwin (36) istri Mohammad Koyum bersama dua anaknya Bela (2,5) dan Evan (7) dievakuasi ke rumah tetangganya. Erwin mengalami luka memar di punggung dan kepalanya. Sementara anak balitanya Bela terluka memar di bagian kepala.

Mohammad Koyum menuturkan, peristiwa nahas terjadi saat istri dan dua anaknya tidur di kamar, sementara dirinya menghadiri undangan hajatan di rumah kepala dusun setempat, Minggu (17/2/2019) sekitar pukul 19.00 WIB.

Saat itu hujan turun sangat lebat. Tiba-tiba datang angin berputar yang menyapu rumahnya hingga ambruk rata dengan tanah. Erwin yang sedang tiduran bersama dua anaknya di kamar tidak sempat keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri.

"Istri saya tidak sempat keluar. Dia tertimpa reruntuhan bangunan bersama anak saya yang paling kecil. Sementara anak pertama saya melindungi oleh ibunya. Beruntung mereka bisa selamat. Hanya luka memar saja," kata Mohammad Koyum.

Rumah Mohammad Koyum hancur rata dengan tanah. Barang-barangnya tertimbun reruntuhan. Hanya beberapa barang yang berhasil diselamatkan seperti sebuah TV, speaker aktif dan pakaian. Mereka pun harus mengungsi untuk sementara waktu.

Bencana angin puting beliung ini melanda satu dusun. Pepohonan banyak yang tumbang. Sementara atap rumah warga beterbangan. Pemerintah Desa Sonorejo memastikan, satu rumah warga rusak berat dan lima lainnya mengalami kerusakan ringan di bagian atap dan kanopi.

"Kerugian materi sementara sekitar 50 juta. Kami masih melakukan pendataan," kata Agus Sujarwo, selaku Plt Kades Sonorejo.

Sementara itu, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri bersama aparat kepolisian, TNI melakukan penyisiran ke rumah-rumah terdampak bencana. Untuk pembersihan reruntuhan bangunan akan dilakukan esok hari, mengingat kondisi sudah malam dan gelap. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x