Find and Follow Us

Selasa, 22 Oktober 2019 | 21:57 WIB

KPU DKI Perintahkan KPPS Coret Nama Mandala Shoji

Oleh : Happy Karundeng | Selasa, 12 Februari 2019 | 23:22 WIB
KPU DKI Perintahkan KPPS Coret Nama Mandala Shoji
Mandala Shoji - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos mengaku akan segera memerintahkan kepada seluruh petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), untuk segera mencoret nama Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Mandala Shoji karena terbukti melanggar dalam Undang-undang pemilu.

"Nanti kami diminta mengkomunikasikan kepada semua KPPS yang ada di dapil tersebut agar (namanya) di TPS dicoret dari DCT nya," katanya kala menghadiri Forum Silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya Bersama Tokoh Lintas Agama Menjelang Pemilu 2019 di Mapolda Metro Jaya, Selasa (12/2/2019).

Meskipun demikian, pihaknya mengaku terus berkomunikasi dengan KPU RI.

"Manda Shoji Dapil 1 dari PAN tentu sudah kami teruskan kepada KPU RI yang menetapkan Mandala sebagai caleg DPR RI adalah KPU. Sejauh komunikasi saya dengan ketua KPU RI sedang ditindaklanjuti, nanti dikeluarkan surat keputusannya. Menurut UUD no 7 dan SE KPU No 31 Tahun 2019, kepada kami pembatalan dilakukan dengan cara mencoret dari DCT. DCT yg ditetapkan kan sudah ditetapkan 20 September," bebernya.

Pencoretan itu, lanjutnya, berdasarkan keputusan bersama. "Pencetakan DCT sudah terjadi dan nanti kalau ketika kami coret berdasarkan surat keputusan KPU DKI dan KPU RI," pungkasnya.

Sebelumnya, presenter yang terjun ke politik, Mandala Shoji terbukti melanggar aturan saat melakukan kampanye. Ia kedapatan membagikan kupon umrah dan door prize kepada masyarakat di sekitar Pasar Gembrong Lama, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Dengan begitu permasalahan ini pun diangkat di meja hijau. Hingga pengadilan memutuskan bahwa Artis yang juga calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional ini divonis 3 bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara. [ton]

Komentar

Embed Widget
x