Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Februari 2019 | 15:53 WIB

Ini Klarifikasi Ridwan Kamil Soal Orasi Dukung 01

Oleh : Aris Danu | Selasa, 12 Februari 2019 | 21:32 WIB

Berita Terkait

Ini Klarifikasi Ridwan Kamil Soal Orasi Dukung 01
(Foto: Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) dilaporkan ke Bawaslu terkait orasi dukungan ke capres 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Garut. Emil pun angkat bicara soal pelaporan itu.

Ridwan Kamil dilaporkan oleh Advokat Indonesia Bergerak ke Bawaslu karena dianggap menyampaikan orasi politik dalam peringatan hari lahir ke-93 Nahdlatul Ulama (NU) pada 9 Februari 2019.

Acara peringatan hari lahir NU bersamaan dengan deklarasi dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dari relawan Jokowi Garut, Jogar di panggung yang berbeda.

"Saya klarifikasi, kegiatannya itu kan terbagi dua. Satu, Harlah NU; kedua, ada deklarasi. Itu di panggungnya jelas ada nomornya, berarti memang acara itu dari awal adalah acara deklarasi. Saya juga tidak pidato di acara yang pertama kan," kata Emil di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Emil menegaskan, pidatonya disampaikan dalam acara deklarasi. Selain itu, kapasitasnya dalam berorasi sebagai tokoh Jawa Barat, bukan sebagai pejabat kepala daerah.

"Acara pidatonya ada di acara deklarasi, kapasitasnya juga MC menyebut tokoh Jawa Barat nggak bawa jabatan. Jadi saya taat aturan datang di hari weekend. Tidak bicara di forum yang formal, bicaranya di acara deklarasi yang memang posternya sebesar itu di panggung. Jadi ya semua paham," papar Emil.

Adanya laporan itu menurut Emil ada pihak yang membikin tafsir sedemikian rupa sehingga dirinya dilaporkan ke Bawaslu.

"Cuma hari ini saya paham apa pun yang dilakukan, ya mungkin orang iseng-iseng aja bikin tafsir kemudian dilaporkan ke Bawaslu. Saya kira itu risiko ya," jelasnya. [ton]

Komentar

x