Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Februari 2019 | 15:55 WIB

KPU Tak Akan Umumkan Caleg Eks Koruptor di TPS

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 12 Februari 2019 | 22:11 WIB

Berita Terkait

KPU Tak Akan Umumkan Caleg Eks Koruptor di TPS
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan hanya mengumumkan daftar caleg mantan terpidana kasus korupsi di situs resminya.

Hal ini menyusul adanya wacana KPU bakal mengumumkan daftar caleg eks koruptor di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat hari pencoblosan, melalui petugas yang ada di sana.

"Nggak kami umumkan di TPS. Kami umumkan di situs resmi saja," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Selain diumumkan di situs resmi, KPU juga bakal mengumumkannya melalui media massa. Adapun pengumuman ini bukan bertujuan untuk memprovokasi pemilih agar tidak memilih caleg eks koruptor tersebut.

"Terserah pemilih mau tetap pilih atau tidak. Ini bukan blacklist, tapi informasi yang kami sampaikan kepada masyarakat," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, KPU telah mengumumkan ada 49 nama caleg eks koruptor yang terdiri dari 40 caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan 9 caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Dari 40 caleg DPRD yang eks napi korupsi itu, sebanyak 16 orang merupakan caleg untuk DPRD provinsi, dan 24 caleg untuk DPRD kabupaten/kota.

Diumumkan pula, ada empat partai yang di dalamnya tidak terdapat caleg eks terpidana kasus korupsi. Keempat partai itu antara lain PKB, Partai Nasdem, PPP dan PSI. [ton]

Komentar

x