Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Februari 2019 | 04:19 WIB

Jokowi Minta Kemenkes Terus Tekan Angka Stunting

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 12 Februari 2019 | 12:11 WIB

Berita Terkait

Jokowi Minta Kemenkes Terus Tekan Angka Stunting
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan rapat kerja nasional Kementerian Kesehatan di BSD, Tangerang Selatan pada Selasa (12/2/2019). Menurut dia, pemerintah harus terus menurunkan stunting.

Pada 2014, Jokowi mengatakan angka stunting berada di posisi 37 persen dan saat ini sudah turun menjadi 30 persen. Maka, diharapkan ke depan bisa turun kembali menjadi 20 persen, 10 persen dan hilang.

"Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada bapak/ibu sekalian, berkat kerja keras sudah turun menjadi 30 persen dari 37 persen di tahun 2014," kata Jokowi.

Menurut dia, persoalan kesehatan ini sangat basic sekali karena untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang dapat bersaing dengan negara-negara lain. Sebab, jika angka stunting masih tinggi akan sulit untuk bersaing dengan negara lain.

"Enggak mungkin kita bersaing dengan negara-negara lain dengan SDM kita dengan stunting setinggi itu, enggak mungkin," ujarnya.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta kepala-kepala dinas kesehatan di tingkat Provinsi, Kabupaten, Kota untuk berkonsentrasi dalam menghilangkan stunting di berbagai daerah.

"Kalau di kabupaten, kota, atau provinsi masih ada stunting. Kejar ini, selesaikan ini," tandasnya. [rok]

Komentar

x