Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 17:17 WIB

KPU Pastikan Ganti Kotak Suara Rusak di Cirebon

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 11 Februari 2019 | 14:39 WIB
KPU Pastikan Ganti Kotak Suara Rusak di Cirebon
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespons rusaknya mengganti ribuan kotak suara pemilu di Cirebon, Jawa Barat baru-baru ini.

Diberitakan, sekitar 1.410 unit kotak suara di Cirebon rusak. Kabarnya, kotak suara tersebut rusak karena terkena air. Sebelummya sekitar 600 lebih kotak suara di Cirebon dilaporkan mengalami kerusakan berdasarkan laporan Bawaslu Jawa Barat.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu laporan lengkap soal kerusakan kotak suara ini dari KPU Jawa Barat.

Setelah mendapatkan laporan lengkap soal ini, ia menjanjikan KPU Pusat akan segera melakukan pergantian kotak suara itu secepatnya.

"Kami tunggu laporan dari sana soal berapa umlahnya, kerusakannya seperti apa dan berapa banyak yang masih oke. Dana penggantian kotak suara yang rusak diambil dari APBN," ujar Ilham di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Untuk mencegah kejadian serupa, ia mengatakan KPU Pusat akan meminta perwakilan di daerah untuk melakukan penyimpanan kotak suara dengan hati-hati.

"Misalnya, kami udah memerintahkan seluruh teman-seluruh di provinsi, kabupaten/kota yang ada gudangnya itu dikasih palet bawahnya karena memang ini kan rentan dengan kelembapan," tandasnya. [rok]

Komentar

x