Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Februari 2019 | 15:59 WIB

Densus Tangkap Eks Napiter Hendak Pergi Ke Suriah

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Senin, 11 Februari 2019 | 13:05 WIB

Berita Terkait

Densus Tangkap Eks Napiter Hendak Pergi Ke Suriah
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri menangkap mantan narapidana terorisme Hari Kuncoro (HK) alias Wahyu Nugroho alias Uceng. HK ditangkap saat hendak terbang ke Suriah melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Tersangka tersebut ditangkap di Bandara Soetta pada 3 Januari 2019. Kenapa baru diungkap setelah 1 bulan karena memang proses investigasi butuh penguatan alat bukti lainnya untuk mentersangkakan HK," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Senin (11/2/2019).

Dedi mengatakan HK mempunyai rekam jejak terlibat beberapa kasus terorisme di Indonesia. Selain itu, HK disebut juga sering berkomunikasi dengan WNI yang tergabung dengan ISIS yakni Abu Wahid.

"Abu Wahid ini dalam propaganda yang dibuat ISIS, berperan sebagai algojo dengan gelar Abu Wahid Al Indonesia," jelas Dedi.

Di Indonesia, Hari Kuncoro memiliki riwayat panjang dengan aktivitas terorisme di Indonesia. Hari Kuncoro disebut sudah terlibat terorisme dengan kelompok Jamaah Islamiyah (JI) yang bertanggung jawab dalam peristiwa bom Bali. Hari Kuncoro juga didebut terkait dengan teroris Noordin M Top.

Hari Kuncoro juga dianggap sebagai 'napiter senior' lantaran sudah keluar masuk penjara karena kasus terorisme. Terakhir, Hari Kuncoro bebas dari Lapas Pasir Putih, Nusakambangan, Cilacap Jawa Tengah setelah menjalani pidana enam tahun.

Hari Kuncoro pun disangkakan dengan pasal 12 A Undang-Undang Nomor 5 tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Selain itu, Hari juga akan dikenai pemberatan pasal karena melakukan pemalsuan dokumen sebelum berangkat ke Suriah. [rok]

Komentar

x