Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Februari 2019 | 04:19 WIB

KPU: Ribuan Caleg Belum Sampaikan Data Pribadi

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 8 Februari 2019 | 10:59 WIB

Berita Terkait

KPU: Ribuan Caleg Belum Sampaikan Data Pribadi
Komisioner KPU Ilham Saputra - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan ada ribuan caleg yang hingga kini belum mengumumkan data pribadinya ke publik.

Adapun data pribadi tersebut antara lain berupa CV yang di dalamnya terdapat identitas riwayat pendidikan, riwayat organisasi, riwayat pekerjaan hingga status khusus yang menginformasikan saat ini sedang atau pernah atau tidak pernah sama sekali tersangkut kasus hukum.

"Ada 2.049 dari 8.037 caleg belum mengumumkan data pribadinya ke publik. Diwajibkan menyampaikannya ke KPU saat mencalonkan diri," ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).

Saat ini, lanjutnya, kerahasiaan identitas pribadi caleg sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Baiknya kerahasiaan data pribadi caleg itu diatur undang-undang dan ditiadakan, menurut saya karena hak publik untuk mengetahui calon-calon yang dipilihnya," katanya.

Ia menambahkan, KPU kemungkinan akan menyampaikan informasi pribadinya kepada KPU. Hal ini dilakukan sebagai sikap lantaran mereka menutup diri terhadap informasi pribadi yang perlu diketahui publik.

"Kami pertimbangkan mengumumkan siapa-siapa saja yang tidak membuka akses terhadap pribadinya kepada publik. Jadi, terserah bagaimana publik menilai terkait dengan ketidakketerbukaan para caleg," tandasnya. [rok]

Komentar

x