Find and Follow Us

Selasa, 23 April 2019 | 10:26 WIB

Pengacara Tolak Ahmad Dhani Dipindah ke Surabaya

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 6 Februari 2019 | 17:22 WIB
Pengacara Tolak Ahmad Dhani Dipindah ke Surabaya
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta -Aldwin Rahadian, pengacara Ahmad Dhani, tolak ajuan Kejaksaan Negeri Surabaya agar Dhani dipindah dari Rutan Cipinang ke Rutan Medaeng Surabaya, Rabu (6/2/2019), terkait sidang kasus ujaran kebencian.

"Pengajuan ini melampaui kewenangan karena meminta klien saya dipindahkan. Harusnya cukup menghadirkan dan setelah itu balik lagi," kata Aldwin di Rutan Cipinang, Jakarta.

Permintaan jaksa dinilai Aldwin bakal memunculkan dua penetapan, yakni penahanan di Rutan Cipinang dan Rutan Medaeng. Dua penetapan itu memicu ketidakpastian hukum.

Karenanya, Aldwin meminta Kejaksaan Negeri Surabaya hanya mengirim surat peminjaman tahanan ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta per-sidang, yakni pada Kamis (7/2/2019).

"Sidang pertamanya kan besok, pagi Mas Dhani bisa dibawa ke Surabaya dengan menggunakan pesawat. Tak perlu hari ini, apalagi sampai penahanannya dipindahkan dari Rutan Cipinang ke Rutan Medaeng Surabaya," papar Aldwin.

Aldwin meminta Dhani tetap ditahan di Rutan Cipinang mengingat keluarga kliennya tinggal di Jakarta. Walau ditahan di Jakarta, Aldwin menjamin Dhani selalu siap hadiri setiap persidangan di Surabaya.

Ahmad Dhani bakal menjalani sidang perdana kasus perkataan Idiot yang diucapkannya di vlog pribadinya saat acara Deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya pada 26 Agustus 2018. Akibat perkataan itu, Dhani dianggap menyinggung sebuah kelompok atau organisasi massa. Dhani kemudian dilaporkan ke polisi dan ditetapkan sebagai tersangka.

Saat ini, Ahmad Dhani menjalani masa hukuman di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, setelah dua pekan lalu PN Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman penjara satu tahun enam bulan dalam perkara ujaran kebencian.

Surat pengajuan pemindahan Dhani dilayangkan Kejati Jatim ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Pasalnya, Dhani sendiri tengah mengajukan banding atas vonis PN Jakarta Selatan. Banding juga diajukan ke Kemenkumham. [ton]

Komentar

x