Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Februari 2019 | 17:28 WIB

Jokowi Yakin Urusan Sertifikat Tanah Tuntas 2025

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 6 Februari 2019 | 16:27 WIB

Berita Terkait

Jokowi Yakin Urusan Sertifikat Tanah Tuntas 2025
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta -Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yakin urusan sertifikat tanah tuntas pada 2025. Jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) harus kerja keras.

"Dengan kerja keras seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN, saya yakin urusan sertifikat tanah di seluruh Tanah Air selesai pada 2025. Keyakinan ini berdasarkan proses dan hasil kerja 2-3 tahun belakangan," ungkap Jokowi di Istana Negara, Rabu (6/2/2019).

Menurut Jokowi, jika seluruh bidang tanah di Indonesia sudah bersertifikat, sengketa atas lahan otomatis hilang sehingga tak ada lagi masyarakat berkonflik gara-gara perkara tanah.

"Kita bisa melakukan lompatan-lompatan kemajuan karena rakyat bisa menggunakan sertifikat, aset mereka untuk agunan, sehingga bisa menggerakkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi kinerja Kementerian ATR/BPN yang dinilainya mampu melampaui target.

"Sebelumnya, persoalan sertifikat tanah bertahun-tahun tidak bisa diselesaikan. Saya terus menyemangati jajaran kantor BPN agar terus bekerja dan akhirnya target terlampaui," jelas Jokowi.

Pada 2017, pemerintah mendistribusikan 5 juta sertifikat tanah kepada rakyat. Pada 2018, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional membagikan 9,3 juta sertifikat tanah.

Tahun ini ditargetkan melampaui 9 juta sertifikat tanah yang diserahkan kepada masyarakat. Pada 2024, pemerintah memproyeksikan 126 juta bidang tanah yang sudah disertifikasi. Pada 20025, diyakini seluruh bidang tanah di negeri ini sudah bersertifikat. [rok]

Komentar

x