Find and Follow Us

Kamis, 20 Juni 2019 | 11:02 WIB

BMKG Tegaskan Gempa Nias tak Berpotensi Tsunami

Oleh : Fadhly Zikry | Selasa, 5 Februari 2019 | 09:05 WIB
BMKG Tegaskan Gempa Nias tak Berpotensi Tsunami
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - BMKG menegaskan gempa yang mengguncang Nias, Sumatera Utara tidak berpotensi tsunami, Selasa (5/2) dini hari.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, gempa 5.6 skalarichter itu (sebelumnya disebutkan 6.1 skalarichter), gempa tersebut merupakan gempa jenis dangkal, akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault)," kara Rahmat dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (5/2/2019).

Dia menambahkan, guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Nias Selatan, Pasaman, Bukittinggi, Padang Panjang III MMI, Pariaman, Padang, Payakumbuh II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," tegasnya.

"Hingga pukul 03.05 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," tambahnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak bertanggung jawab. [fad]

Komentar

x