Find and Follow Us

Kamis, 20 Juni 2019 | 11:01 WIB

KPU Kembali Umumkan Caleg Eks Koruptor Pekan Depan

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 1 Februari 2019 | 20:50 WIB
KPU Kembali Umumkan Caleg Eks Koruptor Pekan Depan
Ketua KPU Arif Budiman - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua KPU Arif Budiman mengungkapkan, kemungkinan pihaknya akan mengumumkan caleg eks koruptor tambahan kepada publik pada pekan depan.

Adapun saat ini, ia menuturkan KPU masih melakukan validasi data soal daftar caleg yang memiliki rekam jejak pernah terpidana kasus korupsi di daerah.

"Nanti kami umumkan. Mungkin minggu depan sambil nanti tidak berkali-kali diumumkan," ujar Arif di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (1/2/2019).

Sementara itu, komisioner KPU Ilham Saputra mengungkapkan alasan pihaknya akan kembali mengumumkan caleg eks koruptor kloter kedua untuk menambah wawasan pemilih soal rekam jejak caleg yang akan dicoblosnya.

"Di website kami tidak akan kemudian menyatakan bahwa (caleg) ini jangan dipilih (karena eks koruptor). Nggak gitu. Kami hanya menyatakan ini daftarnya, silahkan masyarakat yang menilai," ujar Ilham.

Sebagaimana diberitakan, KPU telah mengumumkan ada 49 nama caleg eks koruptor yang terdiri dari 40 caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan 9 caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Dari 40 caleg DPRD yang eks napi korupsi itu, sebanyak 16 orang merupakan caleg untuk DPRD provinsi, dan 24 caleg untuk DPRD kabupaten/kota.

Diumumkan pula, ada empat partai yang di dalamnya tidak terdapat caleg eks terpidana kasus korupsi. Keempat partai itu antara lain PKB, Partai Nasdem, PPP dan PSI.

Komentar

x