Find and Follow Us

Senin, 17 Juni 2019 | 10:57 WIB

Jokowi Minta Susi Benahi Proses Perizinan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 31 Januari 2019 | 00:27 WIB
Jokowi Minta Susi Benahi Proses Perizinan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk membangun sistem perizinan yang cepat terhadap pelaku usaha ikan tangkap.

Hal itu disampaikan Jokowi menerima pelaku usaha perikanan tangkap penerima surat izin usaha perikanan (SIUP) dan surat izin penangkapan ikan (SIPI) di Istana Negara, Rabu (30/1/2019).

"Saya ingin Bu Menteri perintah ke Dirjen, bangunlah sebuah sistem untuk perizinan yang cepat. Yang jam lah. Zaman IT masa masih hari minggu apalagi bulan," kata Jokowi.

Jokowi mencontohkan proses perizinan investasi di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang dulunya bertahun-tahun, tapi sekarang dua jam sudah bisa mengeluarkan sembilan perizinan.

"Pergi sekarang ke BKPM kalau mau investasi. Mau bangun apa, 9 izin 2 jam jadi dan saya buktikan betul. Izin lain dan komitmen. Artinya, syarat yang siapkan pengusahanya bukan di sisi pemerintah, bangun sistem," ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta semuanya untuk memperbaiki dan membenahi baik di Kementerian Perhubungan atau Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Kita blak-blakan gak apa-apa. Yang dulu gak usah diurus namun ke depan kecepatan perizinan harus baik. Tidak musim, ngurus datang bolak balik ngga rampung-rampung," jelas dia.

Komentar

x