Find and Follow Us

Minggu, 20 Oktober 2019 | 17:45 WIB

Jokowi Ingin Contek Perizinan Cepat Dubai

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 31 Januari 2019 | 01:25 WIB
Jokowi Ingin Contek Perizinan Cepat Dubai
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo menceritakan pengalaman ketika buat perizinan investasi di Uni Emirat Arab, Dubai yang begitu cepat prosesnya. Maka, Jokowi ingin dijadikan contoh di Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi menerima pelaku usaha perikanan tangkap penerima surat izin usaha perikanan (SIUP) dan surat izin penangkapan ikan (SIPI) di Istana Negara, Rabu (30/1/2019).

"Saya datang bawa syarat ke sebuah meja tanda tangan, Bapak Pergi ke gedung sebelah, jalan 10 menit, diterima di kantor notariat, disuruh tanda tangan, kembali lagi ke meja yang tadi diterima nggak ada 30 menit semua izin dapat, bangun pabrik, showroom, kantor, gudang," kata Jokowi.

Padahal, kata Jokowi, itu sudah 17 tahun yang lalu benar-benar proses perizinan 30 menit. Maka, Jokowi ingin sekali mencontek gaya proses perizinan di Dubai untuk dipraktikkan di Indonesia.

"Itu yang mau saya tiru saya copy persis di semua kementerian. Setuju endak?," ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengaku mau benahi satu-persatu karena kalau tidak memakai sistem yang melompat seperti itu akan ditinggal sama negara lain.

"Itu sudah 17 tahun lalu saya alami sendiri. kalau kita tidak berani mengobrak abrik dan benahi itu, ketinggalan betul kita. BKPM juga, ngga usah mikir banyak, pergi saja ke Dubai, tiru sistemnya. Kalau dia bisa, kita juga bisa. Dan BKPM bisa, semua kementerian harus bisa," tandasnya.

Komentar

Embed Widget
x