Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Februari 2019 | 15:48 WIB

Hari Ini, Indeks Persepsi Korupsi Akan Dirilis

Oleh : Ivan Sethyadi | Selasa, 29 Januari 2019 | 09:30 WIB

Berita Terkait

Hari Ini, Indeks Persepsi Korupsi Akan Dirilis
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Transparency International Indonesia (TII) akan merilis hasil riset Corruption Perceptions Index (CPI) atau Indeks Persepsi Korupsi (Indonesia) tahun 2018 di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebut, hal ini merupakan bentuk kolaborasi masyarakat sipil dan negara dalam upaya pemberantasan korupsi.

Selain itu, dari diskusi awal dilakukan KPK bersama TII, muncul fenomena ancaman terhadap lembaga-lembaga antikorupsi dari pelaku-pelaku korupsi atau kekuasaan yang terganggu ketika pemberantasan korupsi dilakukan.

"Ini juga menjadi latar belakang kenapa pemilihan tempat peluncuran dilakukan di KPK," kata Febri kepada wartawan lewat pesan singkat.

Dari diskusi bersama TII, KPK menemukan fenomena global dimana korupsi politik masih menjadi hambatan serius dalam pertumbuhan IPK. Untuk itu, tema rilis IPK tahun ini adalah 'Korupsi dan Krisis Demokrasi'.

"Satu hal yang juga berbahaya dalam konteks korupsi politik adalah ketika institusi dan mekanisme politik dikuasai segelintir orang yang mendapatkannya melalui suap terhadap politisi. Padahal institusi politik yang sehat justru menjadi perangkat utama dalam demokrasi," tegasnya. [rok]

Komentar

x