Find and Follow Us

Jumat, 24 Mei 2019 | 07:04 WIB

Yusril Sebut Keputusan Dukungan Capres di DPP PBB

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 27 Januari 2019 | 19:00 WIB
Yusril Sebut Keputusan Dukungan Capres di DPP PBB
Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra menanggapi santai adanya calon anggota legislatif PBB yang mendukung pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada Pilpres 2019.

Menurut dia, keputusan memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden itu ada di tingkat pimpinan pusat partai.

"Tidak apa-apa. Kewenangan memutuskan dukungan paslon capres itu adalah kewenangan DPP PBB bukan kewenangan para caleg," kata Yusril di Jakarta, Minggu (27/1/2019).

Bahkan, Yusril mengatakan para calon anggota legislatif juga diputuskan oleh PBB sebagai organisasi sesuai tingkatannya. Misal, tingkat DPR RI diputuskan oleh DPP, DPRD Provinsi diputuskan oleh DPW dan DPRD Kabupaten/Kota diputuskan oleh DPC PBB.

"Jadi tidak ada caleg PBB Poros Makkah atau Poros Madinah, juga tidak ada caleg Pass Lantang karena bukan mereka yang memutuskan seseorang itu menjadi caleg," ujarnya.

Yusril mengatakan jumlah calon anggota legislatif PBB di DPR ada 497 orang, kemudian calon anggota legislatif PBB di seluruh provinsi dan kabupaten/kota ada sekitar 14.500 orang. Maka, totalnya ada sekitar 15.000 orang calon anggota legislatif PBB.

Namun, Yusril melihat dari 80 orang calon anggota legislatif yang mengaku sebagai caleg poros Mekkah mendukung Prabowo-Sandi itu adalah terdiri atas caleg DPR RI, caleg DPRD Provinsi dan caleg DPRD Kabupaten/Kota dari berbagai daerah.

"DPP PBB mengetahui persis jumlah para caleg itu dan mempunyai data lengkap tentang mereka. Di Sumatera Utara misalnya, dari 668 caleg yang ada hanya 23 orang deklarasi dukung Prabowo Sandi. Di Sumbar dari 536 caleg yang ada dan yang deklarasi 30 orang. Di DKI Jakarta ada 140 caleg, yang dukung Prabowo Sandi ada sekitar 26 orang. Jadi mayoritas caleg ikut keputusan DPP PBB," tandasnya.

Puluhan Caleg PBB mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo-Sandiaga di Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII), Jakarta Pusat,Sabtu (26/01/2019).

Ketua Majelis Syuro PBB, MS. Kaban dalam sambutannya mengatakan, deklarasi ini diselenggarakan dalam rangka mendukng Ijtima Ulama II agar umat Islam tidak terpecah-pecah dalam dukungan politik pada Pemilu serentak 2019.

Hal ini secara otomatis bersebrangan dengan ketua umumnya, Yusril Ihza Mahendra, karena Yusril memutuskan menjadi pengacara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Komentar

x