Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Februari 2019 | 11:55 WIB

Golkar Harap 25 Persen Perempuan Duduk di Parlemen

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Kamis, 24 Januari 2019 | 19:20 WIB

Berita Terkait

Golkar Harap 25 Persen Perempuan Duduk di Parlemen
Ketua DPP Partai Golkar Hetifah Sjaifudian - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPP Partai Golkar Hetifah Sjaifudian mendorong kaum perempuan untuk bisa lolos menjadi anggota legislatif di Pemilu 2019 sebanyak 25 persen. Kaum perempuan dinilai layak untuk menduduki parlemen.

"Yang paham apa yang dibutuhkan perempuan tentunya adalah dari kalangan perempuan sendiri. Masalahnya keterwakilan perempuan di parlemen boleh dibilang masih kurang. Sebenarnya, minimal kita butuh 25 persen yang duduk di parlemen," kata Hetifah saat memberi pembekalan politik kepada perwakilan kelompok Perempuan di Kantor DPD Golkar, Jakarta Barat, Kamis (24/1/2019).

Hetifah mengatakan kaum perempuan dinilai penting untuk bisa menjadi wakil rakyat di parlemen. Sebab, memperjuangkan hak-hak perempuan bisa melalui anggota DPR yang duduk di parlemen.

"Saat ini di DPR cuma 18 persen kaum perempuan dari seluruh anggota DPR. Mayoritas laki-laki. Di DPRD DKI cuma 12 persen kaum perempuan," ucap dia.

Hetifah menambahkan untuk memenangkan calon legislatif (Caleg) kaum perempuan ke parlemen tentu tidaklah mudah. Dia mendorong kaum perempuan yang maju menjadi Caleg untuk aktif turun ke lapangan menemui warga.

Tak hanya itu, dia juga mendorong partai pengusung kaum perempuan untuk optimis dengan kaum perempuan menduduki parlemen. Salah satu sarannya, yakni menempatkan nomor urut Caleg perempuan di nomor teratas.

"Tentunya warga kan juga harus mengenal siapa calonnya, maka memang caleg wanita jangan kalah geraknya dari para bapak-bapak," ujarnya.

"Karena gerak dan peluang laki-laki lebih besar, tentunya partai juga harus ikut mendukung penempatan caleg perempuan di nomor urut 1. Biar bisa lebih mudah untuk dipilih masyarakat. Dan Alhamdulillah untuk Partai Golkar sudah menerapkan banyak caleg di nomor urut jadi," sambung dia.

Salah satu Caleg DPR RI Dapil DKI 3 Nomor urut 3, Lindsey Afsaei Puteri yang juga panitia kegiatan pembekalan politik kepada kaum perempuan ini menyebut kegiatan ini sangat penting. Lewat pembekalan ini, caleg perempuan diharap bisa lebih aktif untuk berkampanye di hadapan warga.

"Perempuan dan laki-laki merupakan mitra proporsional dalam membangun ketahanan keluarga. Perempuan juga mempunyai pengaruh kebijakan publik dan keputusan politik," kata Lindsey yang juga Bendahara Umum KPPG Partai Golkar.

Komentar

x