Find and Follow Us

Jumat, 19 April 2019 | 02:40 WIB

Fahri Tagih Janji Jokowi untuk Korban Gempa NTB

Oleh : Fadhly Zikry | Kamis, 24 Januari 2019 | 04:00 WIB
Fahri Tagih Janji Jokowi untuk Korban Gempa NTB
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menagih janji Presiden Jokowi terkait bantuan pembangunan rumah pasca gempa yang mengguncang wilayah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Fahri menyampaikan sudah enam bulan sejak Jokowi berkunjung ke NTB, janji tersebut hingga kini belum terealisasi.

Fahri yang merupakan anggota DPR daerah pemilihan NTB itu, mengatakan, pasca gempa terjadi pada 29 Juli 2018, keesokan harinya, Presiden langsung mengunjungi korban dan menjanjikan 50 juta untuk setiap korban yang rumahnya rusak berat.

Informasi terakhir yang dihimpun Fahri, hingga 22 Januari 2019, dari 216.519 rumah rusak, baru 4.429 rumah tahan gempa yang mulai dikerjakan. Itu setara lanjutnya dengan 2,05% dari total rumah warga yang rusak. "Bayangkan, yang 98% tinggal di mana?" ujarnya.

"Saya ingat, dulu, pembangunan rumah bagi korban gempa dijanjikan akan kelar dalam 6 bulan. Kini, 6 bulannya sudah mau selesai. Rumah yang selesai dibangun belum mencapai 1%," tambahnya.

Meski bantuan dari pemerintah belum rampung, namun Fahri menyampaikan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah mengirimkan bantuan ke NTB. "Bangsa kita beruntung, masih memiliki solidaritas sosial yang kuat; ribuan relawan datang, ratusan milyar dana mereka sumbangkan. Solidaritas sosial itulah yang menjadi penopang bagi korban gempa hingga mendapatkan banyak bantuan rumah tumbuh atau huntara," ujarnya.

Fahri mengaku dirinya banyak menerima keluhan dari masyarakat terkait dengan rumitnya proses pembangunan hunian tetap di NTB. Keluhan juga datang dari aparatur pemerintah daerah, dari kelompok masyarakat, dan asosiasi kepala desa.

[fad]

Komentar

x