Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Februari 2019 | 04:14 WIB

Cuaca Ekstrem

Kapal ke Pulau Bawean Belum Diizinkan Berlayar

Selasa, 22 Januari 2019 | 17:45 WIB

Berita Terkait

Kapal ke Pulau Bawean Belum Diizinkan Berlayar
(Foto: beritajatim)

INILAH.COM, Gresik-Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik hingga saat ini masih belum mencabut larangan penyeberangan kapal penumpang dengan tujuan Pulau Bawean.

Langkah ini diambil karena cuaca di Perairan Laut Jawa sedang tidak bersahabat.

Kepala Seksi (Kasi) Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Gresik, Kusnadi menuturkan, larangan berlayar untuk kapal penumpang berlaku mulai hari ini. Sebab kondisi cuaca terjadi gelombong tinggi hingga 3 meter.

"Larangan kapal berlayar, karena kondisi cuaca bisa membahayakan keselamatan penumpang dan kapal," tuturnya, Selasa (22/01/2019), seperti dikutip Beritajatim.com.

Ia menambahkan, terkait dengan batas waktu penerbitan larangan berlaku sampai cuaca kembali normal. Salah satunya dengan menunggu informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Ada tiga unit kapal tujuan Gresik-Bawean yang terpaksa bersandar di Pelabuhan Gresik. Antara lain KM Bahari Express, KM Natuna Express dan KM Gili Iyang," tambahnya.

Kendati demikian lanjut Kusnadi larangan tersebut tidak berlaku bagi kapal niaga (barang) yang bobotnya di atas seribu GWT, karena masih bisa berlayar dengan tetap meningkatkan kewaspadaan. [beritajatim.com]

Komentar

Embed Widget
x