Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Februari 2019 | 11:59 WIB

Potensi Bencana di Jabar, BMKG Diminta Proaktif

Oleh : Happy Karundeng | Selasa, 22 Januari 2019 | 17:28 WIB

Berita Terkait

Potensi Bencana di Jabar, BMKG Diminta Proaktif
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk terus membrikan informasi terkait potensi bencana di banyaknya jalur sesar aktif di Jawa Barat.

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Pusat dan Gempa Bumi dan Tsunami, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) harus memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat khususnya di Jawa Barat tentang kondisi dan potensi bencana yang ditimbulkan dari sesar aktif yang ada di Jawa Barat," katanya di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Ia juga meminta BMKG untuk terus melakukan mitigasi bencana di jalur sesar yang diduga berpotensi terjadinya bencana. Bamsoet mengataka BMKG harus terus meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

"BMKG, BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus melakukan mitigasi bencana secara berkesinambungan terhadap warga khususnya Jawa Barat untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi bencana," imbaunya.

Bamsoet juga mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menetapkan daerah-daerah yang rawan bencana untuk tidak diberikan izin mendirikan bangunan.

"BMKG dan BNPB juga harus terus mengupdate secara berkala tentang kondisi cuaca dan memberikan early warning (peringatan dini) jika terjadi bencana," tandasnya. [hpy]

Komentar

x