Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Februari 2019 | 04:22 WIB

Eni Pikir Uang Dari Kotjo Halal

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 22 Januari 2019 | 16:02 WIB

Berita Terkait

Eni Pikir Uang Dari Kotjo Halal
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Terdakwa Eni Maulani Saragih menganggap pemberian uang dari pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo untuk keperluan Partai Golkar adalah hal biasa. Hal itu disampaikan Eni saat menjalani pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (21/1/2019).

"Bagi saya, pengusaha menyumbang buat partai, apalagi dari sesuatu yang halal ya tidak ada masalah," ujar Eni dihadapan Majelis Hakim Tipikor.

Eni semakin yakin saat Kotjo juga memberi garansi bahwa uang yang didapatkannya merupakan uang yang halal.

"Pak Kotjo bilang, dapat 2,5 persen dan ini halal. Saya tanya kenapa halal, dia bilang saya dapatkan agen fee dan bayar pajak," ungkapnya.

Dalam kasus ini, Eni Maulani Saragih didakwa menerima suap Rp 4,7 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo selaku pemegang saham Blackgold Natural Resources Ltd.

Kotjo meminta bantuan Ketua DPR Setya Novanto agar dapat dipertemukan dengan pihak PLN. Kemudian, Novanto mempertemukan Kotjo dengan Eni yang merupakan anggota Fraksi Golkar yang duduk di Komisi VII DPR, yang membidangi energi.

Selanjutnya, Eni beberapa kali mengadakan pertemuan antara Kotjo dan pihak-pihak terkait, termasuk Direktur Utama PLN Sofyan Basir. Hal itu dilakukan Eni untuk membantu Kotjo mendapatkan proyek PLTU. [hpy]

Komentar

x