Find and Follow Us

Rabu, 26 Juni 2019 | 21:54 WIB

Berkas Perkara Hoax Surat Suara Diterima Kejaksaan

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Jumat, 18 Januari 2019 | 19:32 WIB
Berkas Perkara Hoax Surat Suara Diterima Kejaksaan
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Bareskrim telah melimpahkan berkas perkara Bagus Bawa Putra, pembuat hoax 7 kontainer surat suara tercoblos ke kejaksaan. Selain Bagus, ada HY di penyebar hoax tersebut juga telah dilimpahkan berkasnya.

"Kemarin sudah kita kirim berkasnya. Ada dua berkas atas nama BBP dan HY, dan sudah diterima oleh jaksa," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Dedi mengatakan HY adalah penyebar konteks hoax surat suara tersebut yang ditangkap di Bogor. Sementara BBP adalah kreator sekaligus penyebar hoax tersebut.

"Saat ini masih didalami oleh jaksa. Kita menunggu limpahan berkas untuk tahap 2," ucap Dedi.

Sementara itu, sosok aktor intelektual dibalik hoax tersebut hingga kini belum juga tertangkap. Hingga kini pihak kepolisian masih terus bekerja.

Bagus Bawana Putra (BBP) adalah pembuat konten hoax surat suara tercoblos. BBP merekam suaranya dan menyebarkan melalui media sosial dengan isi rekaman 'Ada 7 kontainer surat suara yang dicoblos terlebih dahulu di Tanjung Priok pada bagian Capres nomor 01 Jokowi-Ma'ruf.

BBP ditangkap Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berdasarkan analisis digital forensik. Selain BBP, polisi telah menangkap 4 orang tersangka lainnya yang berperan sebagai penyebar hoax. [ton]

Komentar

x