Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 21:40 WIB

Rizal Ramli Sebut Jarak Jokowi dan Prabowo Tipis

Selasa, 15 Januari 2019 | 20:55 WIB
Rizal Ramli Sebut Jarak Jokowi dan Prabowo Tipis
(Foto: Inilahcom)

INILAH.COM, Jakarta-Mantan Menteri Perekonomian Rizal Ramli menyebut elektabilitas capres Jokowi dari rivalnya Prabowo Subianto hampir sama. Bahkan ia tak percaya dengan lembaga survei yang menyebut Jokowi unggul banyak.

Rizal meminta publik tak usah mempercayai lembaga survei. Menurutnya, lembaga survei merupakan alat propaganda. Mestinya, sumber pendanaan survei bisa diketahui publik seperti di luar negeri.

"Nah hari ini lembaga poling bilang gapnya 20 persen. Bahkan tadi Mas Jokowi 56 persen. Halah pada saat jaya jayanya mas Jokowi, hebat hebatnya Pilpres dia cuman 52 sampai 53 persen. kok hari ini ada klaim lembaga survei si Denny JA 56 persen yang bener aja," katanya di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Rizal mengatakan, lembaga survei membuat jarak elektabilitas antara Jokowi dan Prabowo berbeda 20 persen. Namun dirinya memiliki bukti bahwa Prabowo hanya terpaut di bawah 10 persen dari Jokowi.

"Jokowi stagnan, Prabowo gap-nya kurang dari 10 persen. Yang belum menentukan sikap masih sekitar 20 persen. Nah kalau ada kecurangan, maksimum efeknya 5 persen. Oleh karena itu kalau mau menang Prabowo sama Sandi harus menang double digit, di atas 10 persen baru kecurangan itu tidak ada. Kalau (Prabowo-Sandi) menang 2 sampai 3 persen itu (rawan dicurangi)," paparnya.

Komentar

x