Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 11:34 WIB

KPU Imbau Paslon Suguhkan Debat Pilpres Bermanfaat

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 15 Januari 2019 | 18:02 WIB
KPU Imbau Paslon Suguhkan Debat Pilpres Bermanfaat
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) mengingatkan setiap pasangan capres-cawapres tidak melontarkan pertanyaan yang tidak keluar jalur dari tema saat berlangsungnya debat perdana pada 17 Januari mendatang.

Adapun pada debat perdana nanti, isu yang akan diangkat adalah soal hukum, hak asasi manusia (HAM), penanganan korupsi dan terorisme. Komisioner KPU Wahyu Setiawan meminta baik pasangan calon nomor urut 1, Jokowi-Maruf Amin maupun nomor 2, Prabowo Subianto agar menyuguhkan perdebatan yang positif untuk publik.

"Arah pertanyaannya harus jelas dan konseptual untuk menghindari pertanyaan yang tidak substansial," kata Wahyu di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Soal aturan agar setiap pasangan calon tidak melontarkan pertanyaan spontan yang tak substansial ini, katanya, telah disepakati oleh kedua tim kampanye saat berlangsungnya rapat persiapan debat.

Ia pun mengharapkan, debat pilpres ini dapat berlangsung secara menarik sekaligus memberikan edukasi politik yang baik bagi masyarakat. Selain itu, melalui debat, diharapkan setiap pasangan calon dapat menyampaikan visi dan misi masing-masing secara baik dan mencerahkan calon pemilihnya.

"Kami ingin debat ini bermanfaat untuk paslon dan masyarakat. Kami juga sudah berkoordinasi dengan tim masing-masing pasangan calon agar debat yang berlangsung harus mengedukasi," tuturnya.

Komentar

x