Find and Follow Us

Rabu, 22 Mei 2019 | 06:58 WIB

Meletus, Gunung Ibu Masih Berstatus Waspada

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Sabtu, 12 Januari 2019 | 18:08 WIB
Meletus, Gunung Ibu Masih Berstatus Waspada
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta -Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara, Sabtu (12/1/2010) sore meletus. Sudah meletus, tapi Gunung Ibu masih berstatus waspada.

"Statusnya tetap waspada," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (12/1/2019) malam.

Sutopo mengatakan tinggi letusan gunung Ibu mencapai 800 meter dari puncak kawah. Abu vulkanik akibat letusan gunung mengarah ke selatan.

"Rekomendasi kami, masyarakat dan pendaki tidak boleh beraktivitas dalam radius 2 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu," ujarnya.

Meski meletus, Sutopo mengatakan warga di sekitar Gunung Ibu tak perlu mengungsi. Pasalnya, warga sudah paham situasinya dan terbiasa karena hampir setiap hari Gunung Ibu meletus.

"Masyarakat belum perlu mengungsi karena berada di luar zona berbahaya. Masyarakat sudah memahami letusan ini dan mereka tidak panik. Itu karena hampir setiap hari terjadi letusan Gunung Ibu," jelas Sutopo.

Menurut Sutopo, sejak 3 bulan terakhir Gunung Ibu hampir setiap hari meletus. Bahkan, Kamis (10/1/2019), Gunung Ibu 80 kali meletus, 18 kali guguran, dan embusan 64 kali kejadian.

"Namanya juga gunung api aktif. Gunung Ibu memang dapat meletus setiap saat, tapi status tetap waspada. Terpenting, masyarakat berada di zona aman," tandas Sutopo. [ris]

Komentar

x