Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 16:31 WIB

Sigit Ungkap Perbedaan Debat Capres 2014 & 2019

Oleh : Aris Danu | Sabtu, 12 Januari 2019 | 19:02 WIB
Sigit Ungkap Perbedaan Debat Capres 2014 & 2019
Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Sigit Pamungkas - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Sigit Pamungkas mengungkap sejumlah perbedaan debat calon presiden yang digelar KPU pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

Sigit menyebut KPU sebagai penyelenggara tidak bisa pegang kendali dan justru tunduk kepada para kontestan capres dan cawapres. Salah satu yang terlihat jelas adalah soal penyusunan tema debat yang berdasarkan konsensus KPU dengan pasangan calon.

"Dulu disusun pakar yang ditentukan KPU tanpa berkoordinasi dengan paslon," kata Sigit di Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Pertanyaan yang bakal diajukan kepada pasangan capres dan cawapres di acara debat nanti disusun panelis, pada 2014 melibatkan moderator debat.

"Sekarang disusun tim panelis, dulu tim panelis menggarap isu-isu strategis, bahkan dulu KPU sebagai penyelenggara pun tidak tahu. Sekarang moderator sekedar membacakan," ujarnya.

Melihat fenomena itu, Sigit menyimpulkan KPU sekarang tak lagi mampu pegang kendali atas aturan main debat dan cenderung mengikuti kontestan.

"Dulu KPU menetukan aturan main dan kontestan wajib mematuhinya. Sekarang penyelenggara Pemilu menyerahkannya kepada kontestan," tandasnya.[ris]

Komentar

x