Find and Follow Us

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:57 WIB

Gajah Masuk Pemukiman, Warga Nagan Raya Panik

Sabtu, 12 Januari 2019 | 14:17 WIB
Gajah Masuk Pemukiman, Warga Nagan Raya Panik
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Meulaboh - Warga yang tinggal di Desa Blang Tengku, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh mengaku kerap diteror oleh kawanan gajah yang memasuki pemukimannya.

Akibatnya sejumlah lahan serta rumah rusak lantaran amukan gajah yang menumbangkan pohon kelapa sehingga menimpa rumah warga. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa (Keuchik) Blang Tengku, Samsirman.

"Batang kelapa, pinang, dan sebagainya juga dijatuhkan sehingga menimpa rumah warga kami. Kami benar-benar ketakutan saat ini karena satu ekor gajah jantan ini memang sangat ganas," ujarnya, Sabtu (12/1/2019).

Sebelumnya peristiwa yang sama juga terjadi, kawanan gajah merusak tiga rumah warga di Desa Tuwie Meuleusong. Akibatnya warga tak berani keluar rumah pada malam hari karena gajah masih berkeliaran.

"Gajah yang selama ini bermain, sudah seperti `warga kami`, dia mondar-mandir, menampakkan diri. Saya sering bertemu di jalan saat pulang dari masjid menuju rumah, tiba-tiba saja di tengah jalan dia berdiri, siapa berani usir," jelasnya.

Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya, Agus Salim, menyampaikan, tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh tengah berada di kawasan itu melakukan upaya menghalau satwa gajah.

"Kami hanya mampu mendatangkan BKSDA bersama tim lainnya untuk menghalau satwa gajah dari permukiman. Awalnya sudah berhasil, gajah sudah menjauh 13 kilometer," tambahnya. [tar]

Komentar

x