Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Maret 2019 | 14:41 WIB

GP Ansor Beri Informasi Daerah Rawan Radikal

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 11 Januari 2019 | 20:23 WIB

Berita Terkait

GP Ansor Beri Informasi Daerah Rawan Radikal
Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas

INILAHCOM, Jakarta -Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas memberikan informasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang daerah terkonsolidasi kelompok radikal di Indonesia.

Menurut dia, perwakilan pengurus pimpinan wilayah GP Ansor dari 34 provinsi diajak bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi untuk melaporkan situasi di daerah masing-masing.

"Pertama terkait dengan perubahan politik, situasi politik. Kedua terkait dengan kelompok radikal. Kelompok radikal yang terkonsoliasi karena kontestasi pilpres," kata Yaqut di Kompleks Kepresidenan, Jumat (11/1/2019).

Yaqut menyebut kelompok radikal itu tersebar di beberapa pulau. Ada yang di Pulau Jawa, ada pula yang di luar Pulau Jawa. Riau dan Jawa Barat termasuk di dalamnya. Agenda kelompok radiklan itu: mendirikan NKRI bersyariat.

"Mereka ingin dirikan negara Islam-lah, khilafah Islam-iah atau minimal mereka dirikan NKRI bersyariat," kata Yaqut.

Yaqut menyebut kelompok radikal itu paling banyak berada di sejumlah daerah yang berbatasan langsung dengan negara lain seperti Bengkalis. Mereka pun sempat melancarkan penyerangan terhadap kepolisian.

"Mereka jadikan beberapa daerah pesisir sebagai tempat konsentrasi pergerakan," jelasnya.

Menurut dia, kelompok radikal itu ingin merusak kontestasi Pilpres 17 April 2019. Bahkan, mereka mencoba masuk ke salah satu peserta kontestasi Pemilu demi memasukkan agendanya.

"Mereka menginduk ke salah satu kontestan Pemilu buat memasukkan agenda-agenda mereka," tandasnya. [ton]

Komentar

x