Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Maret 2019 | 14:21 WIB

Moeldoko Sebut Kasus Novel Pidana Murni

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 11 Januari 2019 | 14:07 WIB

Berita Terkait

Moeldoko Sebut Kasus Novel Pidana Murni
Penyidik KPK Novel Baswedan - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua TKN Joko Widodo (Jokowi)-KH Maruf Amin, Moeldoko mengatakan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan merupakan perbuatan pidana murni bukan pelanggaran HAM.

"Soal pelanggaran HAM pada Novel, tidak ada kaitannya dengan kebijakan negara. Abuse of power ada kebijakan negara di situ, melekat. Dalam konteks ini, konteks kriminal murni," kata Moeldoko di Kompleks Kepresidenan, Jumat (11/1/2019).

Memang, kata Moeldoko, saat ini yang masih menjadi persoalan aparat kepolisian belum berhasil mengungkap dan menangkap siapa pelaku yang menyiramkan air keras terhadap Novel Baswedan.

"Hanya persoalannya siapa pelakunya, itu yang jadi persoalan yang belum ditemukan. Tapi harus dilihat dong, apakah itu abuse of power? Bukan. Konteksnya di situ," ujar Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) ini.

Menurut dia, selama kepemimpinan Jokowi empat tahun ini tidak ada kasus pelanggaran HAM berat. Sebab, kategori pelanggaran HAM itu terjadi apabila ada abuse of power dan ada genoside tersistem.

"Enggak ada itu terjadi," jelas dia.

Namun demikian, Moeldoko mengatakan kubu Jokowi-Amin sudah melakukan persiapan untuk menghadapi debat perdana calon Presiden dan Wakil Presiden pada Kamis (17/1/2019).

"Pasti sudah kita mitigasi, kita inventarisasi dari berbagai langkah-langkah yang telah dilakukan empat tahun ini terhadap korupsi seperti apa, pelanggaran HAM seperti apa, apa yang terjadi di kepemimpinan beliau tentang pelanggaran HAM," tandasnya. [ton]

Komentar

x