Find and Follow Us

Rabu, 19 Juni 2019 | 04:55 WIB

Kediri Sambut Pembangunan Bandara

Jumat, 11 Januari 2019 | 09:23 WIB
Kediri Sambut Pembangunan Bandara
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Kediri - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur melakukan berbagai persiapan menyambut pembangunan Bandar Udara (Bandara) Kediri dan proyek Exit Tol.

Persiapan utama yang dilakukan adalah mengubah peraturan daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Edi Darmasto, Plt Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Kediri mengatakan, revisi Perda RTRW sudah mencapai progres 80 persen. Pemkot Kediri telah menyusun naskah akademis untuk diajukan ke Pemerintah Propinsi Jawa Timur.

"Perubahan Perda RTRW ini bertujuan untuk meningkatkan aksebilitas menuju Bandara dan mengantisipasi terjadinya kemacetan. Misalnya, pelebaran jalur menuju ke Obyek Wisata Goa Selomangleng, dan juga jalan ring road lingkar Kota Kediri," kata Edi Darmasto.

Proyek Bandara Kediri dipastikan berada di wilayah Kabupaten Kediri, tepatnya di seputar Kecamatan Banyakan, Grogol dan Tarokan. Sementara Exit Tol diperkirakan terletak di Desa Maron, Kecamatan Banyakan, berdekatan dengan Kampus III Program Studi Universitas Brawijaya (UB) Malang di Kediri yang ada di Kelurahan Mrican, Kecamatan Mojoroto.

"Exit Tol yang berdekatan dengan Kampus UB memungkinkan terjadinya kemacetan arus lalu lintas. Oleh karena itu, kami memikirkan untuk mendorong pembangunan kembali Jembatan Mrican sebagai penghubung wilayah kota dan Kabupaten Kediri. Kami juga memiliki wacaana untuk membangun jalan ring road lingkar Kota Kediri," tandasnya. [beritajatim]

Komentar

x