Find and Follow Us

Rabu, 19 Juni 2019 | 19:20 WIB

200 Ribu PKH Dinyatakan Lulus Sepanjang 2018

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 10 Januari 2019 | 18:53 WIB
200 Ribu PKH Dinyatakan Lulus Sepanjang 2018
(Foto: Media Kemensos)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim, sepanjang tahun 2018, sudah ada 200.000 penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang dinyatakan lulus alias lepas dari bantuan pemerintah karena mengalami peningkatan kesejahteraan.

"Di 2018, ada 200.000 penerima PKH yang sudah lulus. Jadi, penerima PKH yang sudah lulus, sudah harus lepas," kata Jokowi di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (10/1/2019).

Jokowi mengharapkan di tahun ini semakin banyak penerima PKH yang sejahtera karena bantuan pemerintah ini, sehingga nantinya bisa lepas dari ketergantungan program bansos ini.

Adapun slot penerima yang sudah dinyatakan lulus dari bantuan ini, kata Kepala Negara, nantinya bisa diisi oleh keluarga tak mampu lainnya. Hingga kini, Jokowi mengaku menerima laporan sudah ada empat keluarga yang dinyatakan siap lulus dari program PKH.

"Jadi, kami sekarang ini membantu agar lulus sebanyak-banyaknya. Jadi, awal tahun ini ada empat (keluarga) yang sudah siap lulus. Kami targetnya, kepinginnya lulus semua, tapi paling tidak dua kali lipat dari tahun lalu," ujar Presiden.

Sebagaimana diberitakan, pada tahun ini pemerintah memutuskan menambah anggaran penerima PKH yang sebelumnya jumlah bantuannya senilai Rp1.890.000.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, tahun ini seluruh penerima PKH menerima jumlah bantuan yang beragam, mulai dari kisaran Rp2 juta hingga yang paling besar senilai Rp9 juta.

Mensos menuturkan, alasan adanya jumlah nilai berbeda yang diterima setiap penerima PKH lantaran indeks bantuan pemerintah tahun 2019 disesuaikan dengan sejumlah pertimbangan.

Agus menjelaskan, pertimbangan tidak samanya jumlah nilai bantuan antar satu dengan penerima PKH lainnya karena beban kebutuhannya berbeda-beda. Misalnya, beban keluarga pada aspek kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. [ton]

Komentar

x