Find and Follow Us

Kamis, 27 Juni 2019 | 07:59 WIB

Anies Pose Salam Dua Jari

Video Menteri Salam Satu Jari Kembali Diviralkan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 10 Januari 2019 | 07:10 WIB
Video Menteri Salam Satu Jari Kembali Diviralkan
(Foto: twitter)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan terus mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama warganet di media sosial baik twitter maupun instagram. Kini, warganet mengunggah video menteri dan kepala daerah yang berpose salam satu jari.

Untuk diketahui, pasangan calon petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019 dengan nomor urut 01.

Sedangkan, pasangan calon Presiden Prabowo Subianto dan calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan nomor urut 02 pada Pemilu Presiden 2019.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dakhiri memakai topi, baju putih dengan beberapa tokoh yang berteriak sambil salam satu jari.

Bukan hanya itu, netizen pun kembali mengingatkan video yang terekam salam satu jari Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat pertemuan IMF World Bank di Bali.

Dengan begitu, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid meminta kepada Bawaslu RI untuk bersikap adil terhadap para menteri maupun kepala daerah yang mengacungkan salam satu jari ditindak. Sehingga, tidak ada kesan diskriminasi terhadap Anies.

"Ditunggu sikap @bawaslu_RI yang adil, profesional&tak partisan, terhadap Gubernur yang acungkan 1 jari, dan ajak-ajak yang lain untuk acungkan 1 jari. Sebagaimana yang sudah dilakukan bawaslu terhadap Gub Jakarta @aniesbaswedan. Itu untuk selamatkan kepercayaan publik kepada Bawaslu, kepada pemilu, dan hasil-hasil pemilu," kata HWN melalui twitternya yang dikutip INILAHCOM, Rabu (9/1/2019).

Sementara, pemilik akun instagram umi_fariz juga ikut mengomentari ketidakadilan yang diperlihatkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan. Namun, menteri dan kepala daerah yang mendukung pasangan incumbent tidak ada yang ditindaklanjuti.

"Mereka bebas mengekspresikan pikiran dan pilihan tanpa dikritik apa lagi dinilai melanggar hukum. Senyumnya seolah berkata jangan coba berseberangan dengan penguasa. Mereka lupa semua ada masanya. Kekuasaan yang hanya berlandaskan ambisi akan tertimbun seperti fir'aun yang tenggelam di dasar laut. Di kenang karena kehinaannya.. #saveAniesbaswedan #2019PrabowopresidenRI," tandasnya.

Anies memang sempat berpose salam dua jari saat mendapat kesempatan berdiri di podium Konferensi Nasional Gerindra di Sentul International Convention Center, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (17/12).

Namun, pose salam dua jari Anies dilaporkan ke Bawaslu oleh Garda Nasional untuk Rakyat (GNR). GNR menilai gestur dua jari itu merupakan simbol kampanye karena dilakukan dalam acara Konferensi Nasional Gerindra.

Memang, pasangan calon Presiden Prabowo Subianto dan calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mendapat nomor urut 02 pada Pemilu Presiden 2019. Sementara, pasangan petahana Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin mendapat nomor urut 01.[ris]


Komentar

x