Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Januari 2019 | 00:55 WIB

Rocky: KPU Didik Capres Hafalkan Jawaban Debat

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 10 Januari 2019 | 06:13 WIB

Berita Terkait

Rocky: KPU Didik Capres Hafalkan Jawaban Debat
(Foto: youtube)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Politik, Rocky Gerung mengkritik wacana KPU sebagai penyelenggara pemilu yang ingin memberikan kisi-kisi kepada pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 seminggu sebelum dimulainya debat.

Menurut dia, Komisi Pemilihan Umum memiliki tugas awal secara etis untuk mencerdaskan kehidupan demokrasi bangsa. Sedangkan, tugas teknis KPU tentu menyiapkan kotak suara dan sebagainya.

Rocky menyampaikan pandangannya itu saat acara talk show di salah satu stasiun televisi, kemudian diunggah ke media sosial youtube.

"Tugas pertama KPU itu tugas etis yaitu mencerdaskan kehidupan demokrasi bangsa ini, itu pesan reformasi," kata Rocky yang dikutip melalui youtube, Rabu (9/1/2019).

Namun, Rocky malah menyindir KPU karena meminta kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) atau calon presiden untuk mengira-ngira atau menghafal jawaban melalui kisi-kisi yang dibocorkan tersebut.

"Kalau anda suruh presiden atau calon presiden untuk mengira-ngira jawaban melalui kisi-kisi yang anda bocorkan, itu sama seperti anda suruh presiden menghafal kemungkinan jawaban. Dia akan hafal kemungkinan jawaban," ujarnya.

Kemudian, Rocky mencontohkan kebiasaan Presiden Jokowi yang sering mengundang masyarakat dengan memberikan pertanyaan untuk mendapatkan hadiah mengenai nama-nama ikan.

"Bayangkan, presiden mendidik anak-anak kita untuk jadi penghafal nama-nama ikan. KPU mengajarkan calon presiden untuk menghafal soal-soal capres. Jadi, kita dibuat dua kali dung*. Bagaimana mungkin disuruh menghafal," tandasnya.[ris]

Komentar

Embed Widget
x