Find and Follow Us

Selasa, 18 Juni 2019 | 09:13 WIB

Andi Arief Laporkan PSI & Komisioner KPU

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 9 Januari 2019 | 21:02 WIB
Andi Arief Laporkan PSI & Komisioner KPU
Kuasa hukum Andi Arief, Haida Quartina - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief kembali melaporkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) atas tuduhan pencemaran nama baik karena PSI memberikan award kepadanya sebagai politisi Hoax.

"Kami dari Nasution & Nasution Law Firm diminta keluarga besar Bapak Andi, terutama istri dan anak-anaknya, untuk melaporkan PSI serta Bapak Pramono Ubaid Tanthowi selaku Komisioner KPU Republik Indonesia," kata kuasa hukum Andi Arief, Haida Quartina, di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

"Lebih pada pencemaraan nama baik. Sama sih pasalnya, yaitu 310 dan 27 ayat 3 ITE dengan tambahan di pasal Pemilu. Khusus untuk PSI di pasal 491 tentang gangguan terhadap jalannya Pemilu. Unggahan video pemberian award menimbulkan kegaduhan di mana-mana," tutur Haida.

Selain PSI, Andi Arief juga melaporkan Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. Pramono dilaporkan karena cuitan di akun Twitter yang menyebut Andi Arief telah mendesain hoax 7 kontainer surat suara tercoblos. Pramono juga dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik.

"Sebagai salah satu lembaga tertinggi di Republik Indonesia, tak semestinya Komisioner mentwit tuduhan terhadap Pak Andi dengan sebutan penyebar hoax. Padahal, Pak Andi justru menindaklanjuti berita yang sudah beredar di medsos. Jika ini dibiarkan, bakal jadi bola liar yang kita khawatirkan mengganggau proses berdemokrasi. Karenanya, kami berharap ini segera ditindaklanjuti," paparnya.

Haida mengaku sudah menyiapkan dan membawa bukti ke hadapan penyidik. Bukti terkait laporan PSI berupa screenshoot di medsos yang menunjukkan acara awarding Hoax dari PSI ditayangkan dalam bentuk berita dan video di media.

"Laporan terkait PSI dilengkapi video seperti yang beredar di beragam saluran medsos dan berita elektronik," tukas Haidi.

Laporan terhadap PSI teregistrasi dengan nomor LP/B/0037/l/2019/BARESKRIM tanggal 9 Januari 2019. Laporan terhadap Komisioner KPU teregistrasi dengan nomor LP/B/0036/1/2019/BARESKRIM tanggal 9 Januari 2019. [jat]

Komentar

x