Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Maret 2019 | 22:11 WIB

Yohana: Pelaku & Pengguna Prostitusi Harus Dihukum

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 7 Januari 2019 | 23:20 WIB

Berita Terkait

Yohana: Pelaku & Pengguna Prostitusi Harus Dihukum
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise ikut menyoroti kasus prostitusi online yang menimpa artis Vanessa Angel.

Menurut dia, harusnya pelaku dan pengguna jasa prostitusi mendapatkan hukuman yang sama dengan penyalur atau mucikari. Sehingga, jangan terkesan ada diskriminasi dalam penegakan hukum.

"Iya harus (dapat hukuman). Apapun yang dilakukan terhadap perempuan dan itu pelakunya harus dikenakan hukuman, tidak boleh ada diskriminasi dan eksploitasi terhadap perempuan krn itu sudah ada dalam UU," kata Yohana di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (7/1/2019).

Menurut dia, saat ini pemerintah bersama DPR membahas Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) yang berisi terkait kasus-kasus kejahatan seksual terhadap perempuan dan ada pasal yang menjerat pelaku dan penggunanya.

"Semoga bisa DPR sahkan itu secepatnya, karena ini adalah inisiatif DPR. Saya dari pihak pemerintah mendukung supaya secepatnya," ujarnya.

Yohana menyebut perempuan yang terlibat dalam prostitusi banyak alasan karena persoalan ekonomi, tapi perlu dikaji lagi lebih dalam untuk mengetahui alasan sebenarnya. Tentu, hal ini harus dikaji betul-betul.

"Siapa sebenarnya yang salah dalam hal ini, tapi perempuan harus jaga harkat martabat perempuan. Bila pelakunya sudah melakukan kesalahan dengan mengeksploitasi dan melakukan kejahatan seksual, itu tetap harus berhadapan dengan hukum," tandasnya.[jat]

Komentar

x