Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Januari 2019 | 00:56 WIB

Polri Identifikasi Kreator Hoaks Surat Suara

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Senin, 7 Januari 2019 | 14:02 WIB

Berita Terkait

Polri Identifikasi Kreator Hoaks Surat Suara
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Polri telah mengidentifikasi kreator dan buzzer hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos. Keduanya disebut sebagai aktor intelektual isu tersebut.

"Sampai saat ini, tim masih terus bekerja untuk mengumpulkan alat bukti. Fokus dari tim siber ini adalah kreator sama busernya. Mereka sudah kita profiling," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Dedi mengatakan kreator konten Hoaks ini adalah orang yang pertama kali membuat konten Hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos. Sementara si Buzzer adalah orang yang menyebarkan atau memviralkan Hoaks ini ke media sosial.

"Kreator ini yang paling bertanggung jawab untuk membuat berita hoaks tersebut. Tim buser memiliki tugas yang memviralkan pertama kali ke seluruh akun, ya pemburuan sampai saat ini tim masih terus bekerja," ucap Dedi.

Dedi menambahkan polisi akan bekerja secara hati-hati dalam mengungkap aktor intelektual Hoaks tersebut. Sebab, pembuktian hukum Hoaks ini harus melalui proses ilmiah seperti pengujian rekaman di laboratorium dan foto-foto yang tersebar di media sosial.

"Kita mengkuatkan kembali alat bukti yang memang dibutuhkan nanti dalam proses sidik sampai dengan pelimpahan berkas di JPU. Pasal 184 itu tidak hanya perkuat alat bukti, tapi pembuktian melalui proses ilmiah itu buktikan semuanya. Serta kita juga menggunakan Laboraturium kita, kita punya laboraturium khusus untuk meneliti tentang digital," jelas Dedi.

"Kita juga akan meneliti tentang voice seperti yang disampaikan di medsos. Voice itu akan kita identifikasi, apabila barang bukti sudah kuat baru penyidik tidak akan ragu melakukan penegakan hukum. Polri dalam ini, selalu menggunakan asas praduga tak bersalah," imbuh dia.

Dalam kasus ini, total sudah 3 orang yang diamankan oleh Bareskrim Polri terkait Hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos. Sebelumnya, polisi juga telah mengamankan HY dan LS sebagai penyebar hoaks tersebut. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun tidak ditahan. Terakhir, polisi menangkap J di Brebes yang perannya sama seperti HY dan LS.

Komentar

Embed Widget
x