Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Februari 2019 | 17:44 WIB

KPK Harap Perusahaan Belajar Dari Vonis PT NKE

Oleh : Ivan Sethyadi | Jumat, 4 Januari 2019 | 11:00 WIB

Berita Terkait

KPK Harap Perusahaan Belajar Dari Vonis PT NKE
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap vonis terhadap PT Duta Graha Indah (DGI) yang kini berganti nama menjadi PT Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE) menjadi pelajaran bagi perusahaan lain yang ingin mengerjakan proyek pemerintah.

Pidana tambahan pencabutan hak mengikuti lelang proyek pemerintah selama 6 bulan diharapkan bisa menimbulkan efek jera bagi perusahaan yang ingin main-main dengan proyek pemerintah.

"Pidana tambahan terhadap korporasi seperti ini diharapkan bisa diterapkan secara lebih kuat ke depan dan konsisten agar lebih memberikan efek jera bagi korporasi untuk melakukan korupsi," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (4/1/2018).

Febri mengatakan, PT NKE didakwa melakukan korupsi dalam sejumlah proyek milik pemerintah yang digarap. Untuk itu, KPK menghargai putusan hakim yang mencabut hak perusahaan tersebut mengikuti lelang proyek berapa pun lamanya.

"Maka pencabutan hak untuk mengikuti lelang saya kira itu menjadi poin penting yang harus kita hargai saat ini," katanya.

Saat ini, kata Febri, KPK masih menganalisis dan mempertimbangkan untuk mengajukan banding atau tidak terkait putusan terhadap PT NKE.

Meskipun, putusan hakim terhadap NKE lebih rendah ketimbang tuntutan Jaksa Penuntut KPK. Jaksa KPK menuntut PT NKE dihukum membayar denda Rp 1 miliar dan uang pengganti sebesar Rp 188 miliar.

Uang pengganti sebesar Rp 188 miliar yang dituntut Jaksa KPK berdasar keuntungan sebesar Rp 240 miliar yang dikeruk PT DGI saat mengerjakan delapan proyek pemerintah yang diperoleh atas bantuan mantan Bendum Partai Demokrat M. Nazaruddin.

Jumlah keuntungan tersebut dikurangi sekitar Rp 51 miliar yang telah disetor ke kas negara sebagai pelaksanaan vonis terhadap mantan Dirut PT DGI Dudung Purwadi. Untuk pidana tambahan, Jaksa KPK menuntut pencabutan hak PT NKE mengikuti lelang proyek pemerintah selama dua tahun. [rok]

Komentar

x