Find and Follow Us

Kamis, 18 Juli 2019 | 16:54 WIB

Keterangan Saksi Kuatkan Perintah Larikan Eddy

Oleh : Ivan Setyadi | Kamis, 20 Desember 2018 | 18:35 WIB
Keterangan Saksi Kuatkan Perintah Larikan Eddy
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Terdakwa Lucas menyebut keterangan saksi Duty Executive PT Indonesia AirAsia Yulia Shintawati justru menguatkan dirinya.

Sebab, Shinta dalam keterangannya mengaku mendapat perintah dari Dina Soraya. "Semakin jelas yang berperan besar ini Jimmy dan Dina," ujar Lucas melalui kuasa hukumnya, Aldres Napitupulu, usai persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Lucas sebelumnya beberapa kali menyinggung nama Jimmy alias Lie yang disebutnya berperan penting dalam pelarian Eddy Sindoro. Namun tak sekalipun KPK memanggil Jimmy untuk diperiksa.

"Ada yang mau geser ke terdakwa (Lucas). Padahal Dina sendiri mengatakan kalau tidak ada terdakwa, akan tetap dilakukan ini atas permintaan Jimmy," kata dia.

Sebelumnya Yulia Shintawati dalam persidangan mengungkap adanya pertemuan di Jalan Cipaku IV No. 16 Kebayoran Baru, pada tanggal 20 Agustus 2018 dengan mantan Coorporate Secretary PT Gajendra Adhi Sakti, Dina Soraya dan pegawai PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Dwi Hendro Wibowo.

Pada pertemuan itu, Dina meminta dirinya untuk mengurus seseorang yang akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Belakangan diketahui orang itu adalah mantan petinggi Lippo Grup Eddy Sindoro, buronan KPK.

Shinta berperan sebagai penjemput Eddy saat tiba di Bandara Soetta usai dideportasi dari Malaysia, akhir Agustus 2018. Saat itu, Eddy dideportasi setelah 2 tahun kabur ke luar negeri.

Selanjutnya, Shinta mengantarkan Eddy dan Jimmy untuk pergi lagi menaiki pesawat menuju Bangkok, Thailand.

Dalam kasus ini, Lucas didakwa menghalangi proses penyidikan KPK terhadap tersangka mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro. Lucas diduga membantu pelarian Eddy ke luar negeri.[jat]

Komentar

Embed Widget
x