Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 16 Januari 2019 | 14:08 WIB

Ruang TU Unipdu Jombang Terbakar

Rabu, 19 Desember 2018 | 21:41 WIB

Berita Terkait

Ruang TU Unipdu Jombang Terbakar
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Jombang - Kebakaran kampus kembali terjadi di Jombang, Rabu (19/12/2018) malam.

Jika sebelumnya yang terbakar gedung kuliah kampus Undar (Universitas Darul Ulum) Jombang, kini giliran Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum) yang berada di lingkungan PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Rejoso, Kecamatan Pterongan, Jombang.

Hanya saja, tidak separah Undar, di Unipdu, yang terbakar adalah ruang Tata Usaha (TU) Fakultas Teknik (FT) Program Studi Sistem Informasi. Beruntung api cepat dipadamkan sehingga tidak merembet ke ruangan lain.

Namun demikian, satu personel keamanan dan ketertiban (kamtib) Unipdu harus digotong ke Rumah Sakit (RS) Unipdu Medika. Personel keamanan yang juga mahasiswa Unipdu itu bernama Syafik (23), asal Pamekasan. Dia dibawa ke RS karena pingsan.

Dugaan sementara, petugas kamtib tersebut kekurangan oksigen. Saat kejadian, Syafik memang sempat memasuki ruangan yang terbakar. Saat itu si jagomerah sedang menyala-nyala. Dia bersama empat orang lainnya mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Mendadak saya melihat ada api mengepul dari ruang TU FT Prodi Sistem Informasi. Kemudian kami berempat melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Termasuk Syafik juga ikut," ujar Ali (30), personel kemamanan dan ketertiban (Kamtib) Unipdu.

Karena api cepat membesar, beberapa barang di ruang tersebut pun terbakar, seperti sejumlah rak buku, meja dan kursi dan beberapa barang lain.

Nah, saat mencoba memadamkan api tadi, mendadak Syafik pingsan dengan kondisi lubang hidung mengeluarkan cairan. Dalam kondisi panik mereka lantas membawa Syafik ke RS Unipdu Medika, yang tak jauh dari lokasi.

Sementara itu, karena api gagal dipadamkan dengan cara manual, petugas kamtib lantas menghubungi unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Jombang. Tak berapa lama, satu mobil damkar dan dua mobil tangki penyplai air tiba di lokasi.

Tanpa memakan waktu lama, hanya sekitar 20 menit, api berhasil dijinakkan oleh petugas Damkar dibantu warga dan polisi dari Polsek Peterongan. Setelah api padam, polisi memasang garis polisi (police line) pada ruang yang terbakar.

"Kami belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran tersebut. Karena petugas masih melakukan penyelidikan, termasuk meminta keterangan saksi. Namun dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik pada power suply komputer," kata Kapolsek Peterongan AKP Mintarto di lokasi.[beritajatim]

Komentar

x